Pendidikan Berawal pada Keyakinan atau ajaran Agama yang di dalam Islam disebut AQIDAH TAUHID .. kemudian dipupuk terus menerus dengan IBADAH

Makin maju dunia (oleh sebagian ahli disebutkan masa post modernisme, atau geliat zaman kesejagatan yang global) ini, tanggung jawab kepala rumah tangga dan keluarga menjadi bertambah berat.
Sesungguhnya secara hakiki, anak turunan, yang kelak akan menjadi generasi penerus satu bangsa bermula dari titipan Ilahi melalui orang tua (ayah dan bunda).

Di sini kita melihat eksistensi pesan Allah, yang memerintahkan kita untuk “PELIHARA DIRI DAN KELUARGA 9ANAK TURUNAN DARI API NERAKA’ sebagaimana tertera di dalam Alquran Surat at Tahrim itu.

Kemudian, yang disebut pengajaran memeang telah banyak sekolah yang menanganinya, namun yang bernama pendidikan di rumah tangga adalah basisnya.

PENDIDIKAN BERAWAL PADA KEYAKINAN ATAU AJARAN AGAMA yang di dalam Islam disebut AQIDAH TAUHID yang dengan memiliki itu, seseorang akan terkontrol dari perbuatan yang menyalahi.

Kemudian keyakinan tauhid itu selalu di pupuk oleh IBADAH yang teratur, untuk menjaga agar kedisiplinan diri tetap mapan, sebagai modal dasar melaksanakan amar makruf nahyun anil munkar, dan modal utama merebut keberhasilan di segala bidang.

Bila kedua asas ini (Aqidah dan Ibadah) sudah dipunyai dengan kuat mesti dijaga dengan AKHLAQ Mulia, yang berawal dari pencontohan-pencontohan di rumah tangga oleh ayah dan bunda, bukan contoh yang hjanya diberikan oleh pembantu atau baby sitter, ketika ayah bunda menganggap semua itu sudah cukup, karena pangan dan pakaian telah dipenuhi, dan perumahan telah disiapkan, uang sekolah telah dibayarkan, sesungguhnya dari sini berawalnya broken home.

Adakah mungkin generasi kuat lahir dari rumah-rumah yang broken home, dan tidak peduli akan sesama???
Mungkin disini awal bencana.

Wassalam
Buya HMasoedAbidin

Categories: Buya Masoed Abidin | Leave a comment

Post navigation

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: